Kewirausahaan
LAPORAN PRAKTIKUM
peluang
bisnis dan kondisi tempat bisnis di daerah jl mastrip kelurahan tegal gede
kecamatan sumber sari
TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
Oleh
Hilmi Firdausy A W
Nur Uli Fajar Ulan
Helmi zulmarhansyah
Muhammad Ardi Wiranata
Khofilia
Riski Akbari Ekananda
Dosen
Wahjoe
widijanto
JURUSAN
PETERNAKAN
PROGRAM
STUDI MANAGEMEN BISINIS UNGGAS
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
POLITEKNIK
NEGERI JEMBER
2014
BAB I
PENDAHULUAN
Di zaman dalam
keadaan perekonomian yang sudah semakin sulit ini banyak sekali persaingan
usaha di berbagai bidang perekonomian didalam kehidupan masyarakat, termasuk
didalamnya adalah persaingan dalam dunia wirausaha. Banyak wirausahawan yang
saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar, sehingga hal ini memicu para
wirausahawan untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki usahanya. Supaya
usahanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam mengikuti perkembangan
zaman, maka wirausaha tersebut harus dapat mengantisipasi perkembangan ekonomi
yang semakin kompetitif dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak
tersisih dalam persaingan. Selain itu wirausaha juga harus dapat mengantisipasi
kecenderungan ekonomi di masa mendatang dan harus dapat bersaing dengan
wirausaha lain yang bergerak di bidang yang sama. Hal itu dilakukan untuk
mempertahankan kelangsungan hidup dan kemajuan usahanya.
Kewirausaahan
merupakan suatu kegiatan dimana untuk membuka lapangan kerja baru suatu yang
beroientasikan pendapatan untuk mendapatkan pendapatan sendiri. Para pelaku
kewirausahaan sering disebut sebagai entrepreneur. Para pelaku kewirausaahan
sebelum menetapkan sesuatu daerah sebagai tempat untuk membangun usaha
peternakan, terdapat beberapa faktor yang perlu di teliti sebelum mengambil
keputusan untuk mendirikan suatu usaha.
Beberapa faktor yang
perlu kita ketahui sebelum kita mendirikan suatu usaha. Seperti halnya kondisi
tempat / lokasi calon tempat usaha kita. Dalam kondisi tempat ada dua faktor
lingkungan makro dan faktor lingkungan mikro, faktor lingkungan makroyang perlu
dipelajari sebelum mengambil keputusan untuk berusaha yaitu faktor klimatik,
edatik, biotik, teknologi,ekonomi finanial, sosial budaya dan kebijaksanaan
umum pemerintah, sedangkan yang termasuk faktor mikro meliputi sifat teknis
komoditi dalam aspek managemen produksi, marketing dll.
BAB II
LANDASAN TEORI
Perlu untuk dipahami bahwa perusahaan
sebagai suatu sistem, berarti selain memiliki sub-sub sistem (bagian -bagian),
juga menghadapi lingkungan atau sering disebut
supra system. Lingkungan perusahaan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu lingkungan umum (general environment)
dan lingkungan khusus (specific environment). Yang dimaksud dengan lingkungan
umum adalah lingkungan perusahan yang secara tidak langsung mempengaruhi proses
perkembangan perusahaan dalam tujuan tertentu.
Faktor lingkungan umum yang mempengaruhi
perusahaan itu
terdiri dari faktor politik, ekonomi, sosial
kebudayaan, pendidikan, teknologi, dan hukum. Lingkungan umum tersebut sering
dikenal dengan akronim “IPOLEKSOSBUDKAM”, yaitu ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, dan keamanan.Sedangkan yang dimaksud dengan lingkungan khusus
adalah lingkungan perusahaan yang secara langsung mempengaruhi proses perkembangan
perusahaan
dalam mencapai tujuan. Faktor lingkungan khusus ini
terdiri dari: (a) lingkungan pelanggan, (b) lingkungan penyedia, (c) lingkungan
pesaing,(d) lingkungan teknologi, dan (e) lingkungan sosio-politik. Kedua
lingkungan tersebut di atas, baik lingkungan umum maupun lingkungan khusus,
mempunyai sifat yang berubah-ubah sesuai dengan jenis.
Dalam
membuat rencana bisnis, pemilihan lokasi usaha adalah hal utama yang perlu
dipertimbangkan. Lokasi strategis menjadi salah satu faktor penting dan sangat
menentukan keberhasilan suatu usaha. Banyak hal yang harus dipertimbangkan
dalam memilih lokasi, sebagai salah satu faktor mendasar, yang sangat
berpengaruh pada penghasilan dan biaya, baik biaya tetap maupun biaya variabel.
Lokasi usaha juga akan berhubungan dengan masalah efisiensi transportasi, sifat
bahan baku atau sifat produknya, dan kemudahannya mencapai konsumen. Lokasi
juga berpengaruh terhadap kenyamanan pembeli dan juga kenyamanan Anda sebagai
pemilik usaha. Bagi wirausahawan pemula, sebaiknya berhati-hati dalam
menentukan lokasi usaha, jangan sampai asal pilih lokasi. Salah-salah, usaha
Anda bisa jeblok.
Beberapa pakar wirausaha menyarankan, agar dalam
memilih lokasi usaha seperti ruko, kios, rumah atau kaki lima harus pas dengan jenis
usaha yang dilakoni. Karena ada usaha yang cocok didirikan di satu lokasi tapi
tidak cocok di tempat lain. Untuk itu pengusaha disarankan untuk melakukan
survei untuk mencari tempat yang sesuai bagi usahanya. Amati kondisi pasarnya,
potensi permintaannya dan jangan lupa cari juga informasi bagaimana prospek
perkembangan daerah itu ke depannya, karena hal ini bisa mempengaruhi
kelangsungan usaha Anda.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 peralatan
dan bahan
3.11
peralatan
1. Peralatan tulis ( buku, pulpen )
2.
Kamera
3.
BKPM
3.12 Bahan
1. Daerah jalan
mastrip
2. Narasumber
3.2
. prosedur kerja
1.
Menerima
pengarahan dari dosen pengampu dan teknisi mata kuliah kewirausahaan.
2.
Membagi
kelompok menjadi 4 kelompok
3.
Dosen
memberikan point point yang harus di dapat dalam survei lokasi
4.
Melakukan
pengamatan dijalan mastrip
5.
Membuat
laporan hasil pengamatan.
BAB
IV
ANALISA
DATA DAN PEMBAHASAN
4.1 Analisa Data
Di daerah jalan mastrip terdapat banyak sekali tempat
usaha yang ada. Ada beberapa bagian usaha seperti halnya
1. Usaha di bidang makanan
2.
Usaha di bidang jasa
3.
Usaha di bidang perdaganggan
4.
Usaha di bidang hiburan dan
olahraga
5. Usaha di bidang elektronik
Dari berbagai bagian di atas akan terpecah menjadi banyak cabang usaha.
Ada berbagai usaha di jalan mastrip yang besar omsetnya dan bisa menjadi
saingan terberat pedagang kecil yaitu adanya mini market. Pom bensin, Seperti halnya Indomaret , Alfamart di jalan
mastrip ada 4 mini market.
Hasil survei dari
salah satu pemilik kios Food terace yang terletak di jalan mastrip yaitu pak
kaidi Jenis usaha aneka makanan yang terbuat dari jamur, seperti jamur tiram,
sate jamur, crispy jamur dll.
Dari usaha yang di geluti sekitar 3 tahunan ini pak kaidi si pemilik kios
ini setiapharinya rata rata bisa menjual sekitar 60 porsi makananya . di usaha
ini pak kaidi melibatkan 3 tenaga kerja. Harga yang di sediakan di kios ini
dari 4.500 – 8.000/ porsinya yang sangat F dengan kantong mahsiswa. Di tempat
ini banyak fasilitas yang di sediakan sehingga banyak sekali pengunjung yang
datang. Fasilitas yang di berikan yaitu free wifi. Tv lcd, kamar mandi toilet, tempat sholat, tempat parkir yang
luas, tempat duduk yang nyaman dan tenang. Faktor penempatan yang sesuai dengan
sasaran dan sarana prasarana yang mendukung baik dari internal mauoun external
sangat mendukung dari usaha yang di gelutinya ujar pak kaidi salah satu si
pemilik kios yang ada di Food terace.
5.2 Pembahasan
Untuk menentukan suatu wilayah yang sebagai sasaran bidikan calon tempat
usaha, pengusaha harus jeli dalam banyak hal karena suatu usaha yang kita
jalankan agar lancar dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita harus
mempertimbangkan apakah didekat tempat yang akan kita gunakan sebagai usaha itu
ada yang sama dengan produk kita apa tidak , dan apakah ada sarana pendukung
yang dapat meningkatkan pendapat kita .
Khususnya di daerah jalan
mastrip kelurahan tegal gede kec sumber sari kabupaten jember. Banyak sekali
faktor faktor yang mendukung dalam berbagai macam usaha. Karena di jalan ini
ada 2 kampus yang besar diantaranya
yaitu Politeknik negeri jember dan universitas negeri jember, di jalan ini juga
ada pom bensin yang dapat mempermudah dalam kebutuhan bahan bakar untuk
keperluan usaha yang akan kita jalankan.
Di kawasan ini akan ramai di kunjungi karena 2 faktor yang tadi itu akan
menjadi kunci dalam hal pembidikan situasi pasar yang ada.
Ada beberapa bagian bidang usaha, 4 bidang
usaha diantaranya yang ada di jalan
mastrip, dari data hasil survei yang kita lakukan.
1.
Usaha di bidang
makanan
Ada banyak
usaha yang menjual berbagai produk makanan dan minuman. Seperti warung lesehan pedagang kaki lima ada
sekitar 15 penjual, food terace, pedagang sate madura, nasi goreng jawa, cak
wang tempat ngopi, depot arum, roket chicken.
2.
Usaha di bidang jasa
Ada beberapa jenis usaha di bidang jasa seperti halnya
jasa laundry, jasa photo copy, rental pengetikan , counter pulsa, cuci mobil
dan motor, tambal ban, bengkel sepdha motor pagah jaya. Potong rambut.
3.
Usaha di bidang perdaganggan
Ada beberapa usaha yang di bidang jasa diantaranya
yang paling besar dan dapat menghabiskann pasar kecil di sampingya yaitu
Indomart, alfamart, polije mart, imanda dl
4.
Usaha di bidang
hiburan dan olahraga
Di tempat ini juga terdapat para pengusaha yang di
bidang hiburan dan olahraga : yaitu penyewaan lapangan futsal yaitu zona elpha
sindo, lapang bulu tangkis, lapangan futsal, kios olahraga seperti indosport.
Ada game online, rental play station
5.
Usaha di bidang elektronik
Didaerah tempat dimana kita survei tidak begitu banyak
hanya ada beberapa yang menjual dan berbisinis di eletronik. Di jalan mastrip
yang berjualan komputer, laptop hanya ada satu tempat yaitu Imtech. Dan yang
berjualan handphone ada beberapa toko yang disitu sekaligus berjualan pulsa.
Usaha yang paling prospek dari semua hasil survei yaitu usaha yang menjual
makanan, karena bisnis makanan di kampus itu sangat di butuhkan apalagi dengan
jumlah mahasiswa yang semakin hari semakin banyak, dan lulusanya tidak sesuai
pada mahasiswa yang masuk.
BAB
V
KESIMPULAN
Dari hasil pengamatan di atas dapat disimpulkan bahwa
:
1) Masih banyak
peluang usaha yang bisa diciptakan di jalan mastrip seperti halnnya usah
peralatan listrik, makanan yang belum ada ,jasa tukang pijit dll.
2) Dalam membuat
suatu usaha baru diperlukan ketrampilan untuk membaca tempat dan prospek usaha
yang akan kita jalankan.
3) Inovasi dan kreatifitas sangat di tuntut
karena banyaknya pesaing yang ada di sekitar kampus.
4) usaha di kuliner sangat di
butuhkan di daerah ini karena tempat padat kos kosan sehingga prospek lumayan cerah karena mengingat jumlah
mahasiswa setiap tahun semakin banyak.
Komentar
Posting Komentar